DIAGO ARIESANDIKA

LAN ( Local Area Network)


Local Area Network : Kajian Singkat
ChatClient.java dan ChatServer.java bisa digunakan untuk chatting antar komputer di jaringan Local Area Network (LAN). Kita lihat topologi sederhana sebuah LAN di samping ini:
Kita akan membuat antar Workstation bisa saling berkomunikasi/chatting. Caranya: 1. Kita harus menentukan mana yang akan jadi server chatting dan mana yang akan kita jadikan client 2. Setelah ditentukan, kita pindahkan file ChatServer.java ke workstation yang ingin kita jadikan server 3. Kita pindahkan file ChatClient.java ke workstation yang akan kita jadikan client 4. Kita harus ingat alamat IP/IP Address dari server, alamat IP ini yang akan kita gunakan untuk mengganti localhost 5. Kita ambil contoh IP Server adalah 192.168.1.1, maka untuk mengaktifkan Chat Server dengan cara:
 C: java ChatServer 9901  
6. Kita jalankan Client Chat di workstation yang lain dengan cara:
 C: java ChatClient 192.168.1.1 9901  
Dengan begitu, kita bisa chatting dengan sesama workstation di satu jaringan LAN.
 
PENGERTIAN LAN 
Local Area Network (LAN) adalah suatu jaringan internal yang terbatas dalam area lokal. Bila jarak yang harus dijangkau kurang dari 1000 meter untuk komunikas dalam jaringan, maka digunakan bentuk LAN. Di atas jarak jangkauan tersebut dinamakan WAN (Wide Area Network), suatu jaringan eksternal. LAN baynyak digunakan dalam suatu perusahaan untuk menghubungkan antara bagian-bagian dalam satu gedung. Beberapa ciri dari LAN:
    Jarak antar terminal tidak terlalu jauh
    Pada umunya LAN tersebut milik satu organisasi / perusahaan
    Umunya tidak mempergunakan fasilitas jaringan telepon, sehingga kecepatan pengiriman data juga tidak bergantung pada jaringan tersebut
    Mempergunakan media transmisi berupa kabel yang khusus untuk komunikasi dan biasanya mempunyai kecepatan pengiriman data yang sangat tinggi (1 Mbps – 10 Mbps).

Transmisi data dalam LAN mempunyai kecwepatan yang berbeda-beda dan dapat dikategorikan sebagai berikut:


1. Jaringan kecepatan tinggi
Kapasitas transmisi data lebih dari 20 Mbps ( Mega bits per second) yang biasanya diterapakan dalam LAN unutk komputer mainframe.



    Ethernet
    ARCnet ( data point Corp.)
    Wangnet ( Wang laboratories)
    Local Net ( Systex)
    Cable Net ( Amdex)


Contoh
    Loosely Coupled Network (Control Data Corp.)
    Hyperchannel  (Network System Corp.)

2. Jaringan kecepatan medium (sedang)
Kapasitas transimisi data sekitar 1 Mbps – 20 Mbps      yang biasanya diterapkan untuk komputer mainframe yang kecil atau komputer mini.
Contoh :

3. Jaringan PC kecepatan rendah
Kapasitas transmisi data kurang dari 1Mbps, biasanya diterapkan untuk komputer PC.

Metode akses
Suatu saluran di dalam LAN dapat dipergunakan oleh suatu simpul untuk berhubungan dengan simpul lain.